Rakernas LTN NU: Ikhtiar Mensinergikan Dakwah Struktural dan Kultural NU

0
145

Menyikapi pentingnya dakwah Nahdlatul Ulama di era digital, Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTN) atau lembaga Infokom dan Publikasi PBNU menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional dengan tema “Mempersiapkan Transformasi Dakwah Nahdlatul Ulama di Era Digital melalui Sinergi Struktural dan Kultural Nahdlatul Ulama”, dengan bertempat di Hotel Millenium Jakarta Pusat, pada tanggal 25 Maret 2017.

Acara Rakernas ini juga menjadi sesi untuk konsolidasi pengurus LTN Nasional yang dihadiri oleh 16 Kepengurusan Wilayah LTN NU dan 26 Kepengurusan Cabang LTN NU. Acara dibuka oleh Wakil Sekjen PBNU Dr. KH. Ulil Hadrawi sekaligus meresmikan website Sinergi Dakwah Struktural (Jam’iyah) dan Kultural (Jamaah) NU dengan alamat www.nahdlatul-ulama.org, website resmi LTN NU www.ltnnu.org, dan website jurnal ilmiah Islam Nusantara dengan alamat www.jurnalnu.org.

Sebagai pengantar Rakernas disampaikan oleh Ketua LTN PBNU Hari Usmayadi, M.Kom, MM, dengan menyampaikan latar belakang, analisis situasi dakwah terkini, serta tujuan penyelenggaraan Rakernas. Dilanjutkan dengan sharing dan diskusi dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Pengurus Wilayah dan Cabang LTN NU dengan pointer-pointer yang terdokumentasikan dengan baik.

Rakernas LTN NU ini menghasilkan beberapa kesepakatan Program Utama pengurus LTN NU, antara lain:

  1. Melakukan konsolidasi pengurus LTN secara nasional sebagai change-agent untuk bersama-sama mengelola media dakwah sebagai tulang punggung transformasi dakwah Nahdlatul Ulama di era digital
  2. Melakukan koordinasi dengan lembaga lain, banom, dan jaringan stakeholder untuk melakukan dakwah Nahdlatul Ulama pada medan dan target dakwah baru (uncaptive nahdliyin)
  3. Pengembangan inovasi dan model dakwah baru pada kelompok masyarakat yang belum tersentuh oleh dakwah Nahdlatul Ulama
  4. Mengembangkan dan mengelola komunitas-komunitas kultural nahdliyin untuk bersama-sama melakukan dakwah di era terkini
  5. Mengembangkan penulisan, penerjemahan, dan penerbitan kitab/ buku serta media informasi menurut faham Ahlussunnah wal Jamaah

Semoga Pengurus LTN NU Nasional dapat bergerak lebih tangkas dan lincah untuk mendukung proses transformasi dakwah Nahdlatul Ulama di era digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here