Sesuai dengan data-data riset belakangan ini, bahwa seiring peningkatan ekonomi bangsa Indonesia, maka telah terjadi peningkatan jumlah penduduk di segment kelas menengah yang terdiri dari karyawan profesional perkantoran dan masyarakat perkotaan. Di sisi lain, dakwah Nahdlatul Ulama di segment masyarakat ini masih dapat disebut cukup lemah, sehingga diperlukan langkah-langkah dakwah Nahdlatul Ulama untuk memasukinya.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan penyebaran video ustadz muda Nahdlatul Ulama dengan tema pemberian solusi terhadap masalah-masalah keseharian masyarakat perkantoran dalam rangka memperkenalkan ustadz-ustadz Nahdlatul Ulama. Pembuatan video ini berbasis pada Top 100 permasalahan yang sering menjadi pertanyaan segment masyarakat tersebut oleh 10 ustadz NU muda yang diseleksi untuk wilayah Jabodetabek, Surabaya, dan Semarang.

Pengenalan ustadz muda melalui video ini merupakan langkah awal yang akan disusul dengan metode-metode pengenalan ustadz lainnya, baik dalam bentuk tulisan, buletin, maupun penyebaran profil ustadz untuk pemateri dakwah di perkantoran, seperti khotbah Jum’at, kajian dakwah Islam waktu istirahat kantor, serta kegiatan sosial keagamaan lainnya.

 

Langkah pengembangan dakwah melalui jalur video ini merupakan sinergi dari Lembaga Ta’lif wan Nasyr dengan ustadz muda dari lembaga NU lainnya serta komunitas pendakwah muda lainnya, yang ditujukan untuk lebih memfokuskan spesialisasi ustadz kepada niche target dakwah di segment masyarakat perkantoran tersebut.

Semoga langkah ini dapat menjadi langkah pembuka bagi Nahdlatul Ulama untuk sukses berdakwah di komunitas perkantoran dan perkotaan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here