Penerbitan Majalah Risalah NU Edisi 86

0
87

Mengenal Lebih Dekat KH Ma’ruf Amin, Jimat NU

Jika menghitung warna darah, maka Kiai Ma’ruf Amin memiliki darah yang sangat kental warna birunya, karena ia adalah cucu Syaikh Nawawi Banten yang menjadi maha guru ulama Indonesia. Hampir semua ulama di Nusantara memiliki sanad keilmuan dengan Syaikh Nawawi.

Dan jika menimbang keilmuan Kiai Ma’ruf, tak perlu diragukan meskipun ia hanya didikan dalam negeri. Ia tak pernah ke Mesir, Madinah, dan lainnya. Namun, selama aktif di Komisi Fatwa MUI atau Syuriah PBNU ia banyak membuat terbosoan pemikiran hukum yang diakui kalangan ulama.

Ia termasuk pembaharu dalam pemikiran hukum Islam, baik yang diproduksi MUI ataupun NU.
Salah satu hal yang menonjol pada Kiai Ma’ruf adalah penguasannya di bidang fikih dan ekonomi Islam. Ia dianggap penggagas dan pengggarap yang tekun gerakan ekonomi Islam dan juga sebagai tokoh yang sangat gigih memperjuangkan label halal.

Ia mampu meyakinkan siapa pun tentang konsep-konsep pemikirannya dengan fasih, karena itu sangat tepat jika di kemudian hari UIN Syarif Hidyatullah menganugerahkan gelar doktor kehormatan dan UIN Malik Ibrahim Malang menghaturkan gelar guru besar di bidang ekonomi Islam. Tidak bisa dipungkiri, Kiai Ma’ruf tak perlu diragukan pemahaman ekonominya terutama terkait dengan kerakyatan.

LAPSUS
Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) menggelar Kongres II pada 24-26 Agustus 2018 di Kampus UNINUS Bandung, Jawa Barat. Kongres wadah para sarjana, ilmuwan, intelektual, dan sejumlah profesional NU dari berbagai disiplin ilmu mengusung tema “Pembangunan Inklusif dan Islam Nusantara Menyongsong se-Abad Indonesia sebagai Negara Kesejahteraan Pancasila”.

MUTHALAAH
Kajian Tasawuf Al-Harits ibn Asad al-Muhasibi
Studi Kitab al-Ri`ayah li Huquq Allah

KAJIAN TAFSIR
diasuh oleh KH. Musta’in Syafi’ie

TARIKH
Ulama dan penyair yang tersembunyi

PUSTAKA
Nasionalisme Kaum Sarungan

Dan masih banyak tulisan-tulisan lainnya yang menarik dibaca.
Selamat membaca!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here