Perkuat Kemampuan Menulis, LTN NU Kalbar Gelar Pelatihan Jurnalistik

0
28

Pontianak, NU Online
Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Kalimantan Barat mengadakan pelatihan jurnalistik kedua. Kegiatan diselenggarakan di gedung NU setempat, jalan Veteran, Pontianak. Pelatihan diikuti sebanyak puluhan peserta yang datang dari berbagai daerah.

Pelatihan menghadirkan beberapa pemateri sangat kompeten dalam bidang jurnalistik, seperti Yusriadi, selaku mantan wartawan senior dan juga Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama Kalbar, serta Rosadi Jamani, mantan wartawan yang juga ketua YouTubers Kabar. Kegiatan dibagi menjadi dua kelompok, yakni menulis berita dan menulis wacana pendek.

Ketua PW LTN NU Kalbar, Ibrahim berharap para peserta yang telah mengikuti pelatihan nantinya bisa menjadi penulis andal. “Baik menulis berita maupun wacana pendek,” katanya.

Lebih lanjut dirinya menegaskan bahwa pentingnya informasi dan kemampuan mengolah informasi di era digital terutama tentang NU. Maka, PW LTNNU Kalbar dengan dukungan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menyelenggarakan pelatihan ini.

Sementara Yusriadi selaku pemateri berharap pelatihan berhasil menumbuhkan motivasi menulis bagi peserta. “Semoga setelah adanya pelatihan ini kader muda NU mampu memanfaatkan peluang di dunia jurnalistik dan mau belajar menulis lebih serius,” ujarnya.

Menurutnya, teori penting dikuasai, namun bukan satu-satunya syarat untuk bisa menulis. “Semakin kalian dapat banyak teori tentang menulis, itu membuat kalian semakin bingung untuk menulis,” sergahnya.

Narasumber kedua, Rosadi Jamani menegaskan kalau ingin jadi penulis syaratnya adalah menulis. “Abaikan dulu teori tentang menulis agar lebih mudah dalam menulis,” pesannya.

Kegiatan ditutup dengan pembagian sertifikat kepada masing-masing peserta oleh panitia pelaksana.
(Abdullah/Ibnu Nawawi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here