LTNNU Ujung Tombak Literasi Warga NU

0
213

Surabaya, NU Online
Besarnya potensi yang dimiliki oleh Nahdlatul Ulama (NU) harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga semua warga NU bisa turut merasakannya. Peran media NU, dalam hal ini Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) bisa menjadi sarana untuk mewujudkan hal itu.

Hal ini sebagaimana yang diutarakan oleh Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur Muhammad Koderi saat memberikan sambutannya dalam acara Konsolidasi Program Kerja LTNNU Jatim yang dihelat pada Selasa (23/7) di Gedung PWNU Jawa Timur.

“NU harus bergerak. banyaknya potensi yang dimiliki oleh NU harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, di sini peran LTNNU sangatlah penting,” ungkapnya.
Ia memberikan contoh bahtsul masail yang sering dilakukan oleh NU, jika bisa dikemas dengan hal baru, bukan tidak mungkin bisa menjadi tradisi yang baru di dalam NU.

“LTN bisa menyajikan pemikiran-pemikiran yang maju, bagaimana kajian-kajian kitab yang dilakukan oleh kiai-kiai NU saat bahtsul masail bisa menjadi tradisi baru, yakni ditulis sehingga hal seperti ini bisa ditradisikan,” ujarnya.

Ia melanjutkan, hal ini sebagaimana dengan semboyan yang dimiliki oleh NU, yakni Al-Mukhafadhatu ‘alal qadimis shalih, wal akhdzu bil jadidil ashlah. “Semangat NU ada di sana, mengambil sesuatu yang baru yang baik dan dikombinasikan dengan yang lama,” tukasnya.

Dikatakan, kombinasi ini amatlah penting. Sebab dengan kombinasi ini bisa membuat hasil bahtsul masail bisa diterima oleh semua kalangan, khususnya generasi muda NU.

“Kombinasi ini adalah peran LTN. Jadi LTN yang akan menulis ini. Hasil bahtsul masail nantinya akan dinarasikan ulang oleh LTN sehingga bisa diterima oleh semua kalangan, khususnya generasi muda NU,” jelasnya.

“LTN itu harus bisa membangun wacana itu sehingga generasi muda bisa tertarik dengan itu,” tambahnya.

Pak Koderi biasa ia dipanggil, menegaskan bahwa LTN juga berperan dalam pembangunan imajinasi yang dimiliki oleh anak-anak NU dengan ruh Ahlussunnah waljamaah an-Nahdliyah.

“Tugas LTN adalah membangun imajinasi anak-anak kita dengan ruh Ahlussunah waljamaah an-Nahdliyah. Nanti semua itu akan ditulis oleh LTN sehingga bisa diterima dan lebih menarik dan terpublikasi secara luas,” bebernya.
(Hanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here