Pemred Times Indonesia Ingatkan Mahasiswa ISTNUBA Cerdas Berselancar di Dunia Digital

0
110

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, masyarakat dituntut untuk memanfaatkan hal tersebut. Karena jika tidak, akan tertinggal.

Seperti yang disampaikan Yatimul Ainun, Pimred Times Indonesia, jika tidak memanfaatkan peran digital akan tergerus. Sebaliknya, jika memanfaatkan digital akan terus bersaing dan maju.

Tetapi menurutnya, dalam bermedia mesti hati-hati. Karena pengguna digital bisa sukses karena cerdas memanfaatkannya, tapi juga bisa hancur karena salah dalam penggunaan. Oleh karenanya, “tinggal kita memilih, bermedsos positif atau negatif,” katanya saat mengisi acara seminar tentang ketahanan informasi di Kampus Institut Sains dan Teknologi Nahdlatul Ulama Bali (ISTNUBA), Jl. Pura Demak II/31, Denpasar, Bali, Selasa, (10/12).

M. Fawaid, MPdI. Wakil Rektor III ISTNUBA

Lebih lanjut Ainun menyampaikan, salah satu contoh pengguna media yang cerdas, adalah pengguna yang bisa mendatangkan manfaat. “Semisal paket kuota menghabiskan 100.000 satu bulan, setidaknya, jika memakai hitung-hitungan ekonomi harus menghasilkan 150.000,” katanya.

Selain itu, Ainun yang juga Ketua LTNNU Kab. Malang, Jatim ini mengingatkan, agar pengguna media meninggalkan jejak digital yang positif. Karena Google menyimpan rekam jejak digital kita selama 20 tahun.

“Ke depan, perusahan-perusahaan tidak lagi membuka lowongan, tapi dia tinggal mencari orang sesuai kebutuhan melalui internet. Ini pentingnya rekam jejak digital,” tambah Ainun.

Ainun juga mengingatkan menjamurnya berita hoax. Yang tantangan saat ini adalah semakin kaburnya mana berita yang benar, dan yang salah. Disitu lah pentingnya kejelian dalam memilih berita. Semua pemberitaan di media seakan benar. Salah satu caranya yakni dengan terus menyodorkan berita tidak benar agar dianggap benar. Cara seperti ini disebut “Post Turth.”

Sebab itu, Ainun berpesan, untuk mengantisipasi dari pemberitaan yang tidak benar agar tabayyun terlebih dahulu seperti yang telah diajarkan oleh NU. “Dari siapapun informasi itu, kita tabayyun dulu,” pesannya kepada para mahasiswa yang hadir sore itu.

Reportase: Wandi Abdullah
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

Sumber:
https://www.pwnubali.or.id/2019/12/pemred-times-indonesia-ingatkan-mahasiswa-istnuba-cerdas-berselancar-di-dunia-digital/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here