LTNNU Bondowoso Cetak Generasi Muda Penulis Melalui Pelatihan Jurnalistik

0
147

Jakarta, LTN NU – Pengurus Cabang Lembaga Ta’lif wan Nasr Nahdlatul Ulama Kabupaten Bondowoso (LTNNU Bondowoso) menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk sejumlah siswa/siswi. Hal itu untuk menciptakan generasi muda penulis di lingkungan NU.

Pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari. Hari pertama, berlangsung di Pondok Pesantren Darul Falah Kecamatan Cermee, dengan peserta generasi muda NU, yang terdiri dari siswa/siswi MTs dan SMA sederajat, Sabtu (28/12/2019).

Pelatihan jurnalistik ini dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas MTs dan SMA sederajat. Ketua PC LTNNU Kabupaten Bondowoso, Andiono Putra menjelaskan, pelatihan jurnalistik ini sudah belasan kali diselenggarakan.

“Kegiatan ini digelar, dikhususkan bagi para calon penulis atau penulis pemula. Tujuannya membantu para penulis pemula dalam mewujudkan minatnya, untuk melahirkan karya jurnalistik,” paparnya.

Namun demikian kata dia, pelatihan ini tidak semerta-merta untuk mencetak penulis saja. Tapi lebih pembangunan organisasi (team work), yang memiliki orientasi melahirkan karya jurnalistik secara bersama-sama.

“Bukan cuma melahirkan penulis yang berdiri sendiri. Tapi bagaimana mereka bersatu dalam sebuah jam’iyah (perkumpulan), untuk berkarya,” imbuhnya.

Maka dari itu, LTNNU akan terus berkoordinasi dengan pihak lembaga Darul Falah agar pelatihan ini tidak selesai begitu saja. Di mana LTN sendiri akan mendampingi siswa/siswi Dafa dalam menerbitkan majalah dan sejenisnya.

Mantan aktivis PMII IAIN Jember ini juga memaparkan bahwa untuk menindaklanjuti pelatihan ini. Beberapa peserta, maksimal 15 sampai 20 orang juga akan diikutkan Pesantren Literasi.

“Awal tahun 2020 segera direalisasikan. Peserta akan bermalam selama dua hari dua malam. Kalau pelatihan kali ini lebih pada teori. Tapi Pesantren Literasi menekankan praktik. Peserta berdasarkan rekomendasi dari lembaga masing-masing,” terangnya.

Pria yang tetap aktif di dunia literasi ini berharap,  pemuda di Kabupaten Bondowoso mempunyai wawasan literasi yang luas. Khususnya di kepenulisan.

“Supaya mereka memiliki kemampuan dalam menjaga ketahanan informasi. Apalagi isu hoaks kali ini bertebaran di mana-mana,” ucapnya.

Sementara narasumber pelatihan ini, terdiri dari para jurnalis aktif di Bondowoso, dengan materi teknik penulisan berita, teknik wawancara, dan kode etik jurnalistik. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut.

Pelatihan Jurnalistik Dasar pada hari kedua, Minggu (29/12/2019) besok, akan diselenggarakan PC LTNNU Bondowoso di Pondok Pesantren Nurut Tholabah, Bunder.

Sumber: Times Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here