Haul Gus Dur ke-10, LTN NU Bali Gandeng Ashram Gandhi Puri

0
20

Jakarta, LTN NU – Awal tahun baru 2020 LTN NU Bali menggandeng Ashram Gandhi Puri Bali, menggelar perayaan Haul Gus Dur ke-10. Perayaan yang berlangsung dengan sederhana ini pun diwarnai dengan doa bersama.

Ketua LTN NU Bali, M Taufiq Maulana menyampaikan Haul Gus Dur ke-10 ini menjadi momen untuk mengingat kembali perjuangan Gus Dur. Ia berharap dengan kegiatan ini para generasi muda dan masyarakat yang hadir bisa terus meneladani sosok Presiden RI ke-4.

“Kami ingin menunjukkan pada khalayak luas tentang nilai perjuangannya Gus Dur, nilai kemanusiaan, cinta dan kerukunan,” kata Taufiq, Selasa (7/1/2020)

Taufiq mengatakan sosok Gus Dur mengajarkan bahwa kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama, untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan.

Sementara itu, Pemilik Ashram Gandhi Puri, Ida Rsi Putra Daksa Yaksa Manuaba (saat Walaka bernama Agus Indra Udayana) mengatakan bahwa Gus Dur memiliki banyak kisah di Pulau Bali.   

“Beliau sangat menjunjung nilai kemanusiaan dan kerukunan antar umat beragama. Gus Dur dahulu saat berkunjung ke Bali, sering menginap di Ashram kami,” kata Rsi Putra.

RSI Putra pun sempat menyampaikan kisah-kisah tentang dirinya saat bersama Gus Dur. Ada banyak kisah dengan makna tersendiri. Sosok Gus Dur pun diceritakan sebagai sosok pria yang sederhana dan ramah.

“Beliau orang yang sangat sederhana mulai dari sebelumnya hingga sesudah menjadi Presiden,” katanya.

Rsi Putra juga sempat menunjukkan peninggalan Gus Dur yang ada di Ashram Gandhi Puri diantara dua baju batik, peci, dan celana. “Dulu ini memang ditinggalkan untuk ganti pakaian jika berkunjung ke sini,” tambahnya.

Perayaan Haul Gus Dur ke-10 Bali ini diawali dengan doa bersama, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sajak, tarian sufi, dan Yoga dari para pemuda-pemudi Ashram Gandhi Puri Bali. Turut hadir pula sejumlah tokoh Yoyok Haness, Yuri Mahatma, Tebo Aumbara, dan Gus Tama.


Sumber:
https://timesindonesia.co.id/read/news/245938/haul-gus-dur-ke10-ltn-nu-bali-gandeng-ashram-gandhi-puri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here